Banner 3

Banner 3

Pembalut Kain :

1. Nyaman
2. Aman
3. Hemat
4. Ramah Lingkungan

Mengenal Klorin, Zat Pemutih Pembalut

Pada Juli 2015, beredar berita bahwa berdasarkan hasil uji YLKI, banyak pembalut dan pantyliner wanita di pasaran yang mengandung klorin (Info YLKI)

Apa itu klorin ?
Klorin adalah bahan kimia yang digunakan secara luas sebagai desinfektan dan pemutih. Pada suhu ruangan, klorin berbentuk gas berwarna kuning kehijauan dan mempunyai bau tajam serta iritatif.

Klorin memiliki beberapa kegunaan, yaitu :
1. Desinfektan. Klorin digunakan untuk desinfeksi air termasuk air untuk mandi, kolam renang dan juga air minum. Ia digunakan sebagai desinfektan air minum karena mempunyai efek dapat membunuh bakteri E. Coli serta Giardia dan harganya murah. Penambahan klorin pada air minum dimulai tahun 1800. Dan sejak 1904, penambahan klorin pada air minum menjadi standar yang harus dipenuhi penyedia layanan air minum hingga sekarang (termasuk PDAM ya). Cairan klorin juga dapat digunakan sebagai cairan pembersih alat-alat rumah tangga. Di bidang kesehatan, larutan klorin 0,5% telah sejak lama digunakan untuk dekontaminasi alat-alat bedah seperti jahit set dan partus set.

2. Pemutih. Pada produksi kertas dan pakaian, klorin digunakan sebagai cairan pemutih (bleaching). Di pasaran, klorin dikemas sebagai pemutih pakaian dengan berbagai merk. Bahan dasarnya dibuat dari natrium hidroksida dan gas klor (gas klorin dialirkan ke dalam larutan natrium hidroksida sehingga membentuk natrium hidroksida (NaOCL) yang disebut zat pemutih.

3. Senjata kimia. Karena efeknya yang sangat iritatif, gas klorin telah digunakan sebagai senjata kimia pada perang dunia ke-2.

Klorin dapat masuk ke dalam tubuh melalui 4 cara : terhirup melalui saluran nafas, kontak dengan kulit atau mata, inhalasi uap panas atau absorpsi melalui kulit, dan masuk ke saluran cerna melalui air atau makanan yang terkontaminasi.

Kesimpulan yang bisa kita ambil tentang klorin :
1. Klorin adalah bahan kimia yang sangat iritatif. Hindari air berklorin. Usahakan air minum kita bebas klorin.

2. Klorin berperan sebagai oksidan dan menimbulkan radikal bebas yang dapat merusak sel termasuk sel kulit. Hindari atau minimalkan penggunaan dan interaksi kita dengannya. Jika harus menggunakan klorin, perhatikan baik-baik sifat dan efek samping yang telah disebutkan di atas agar kita terhindar dari dampak negatifnya.

Pembalut Kain Yuspin Bebas Klorin

Sumber :
1. Global Heaing Centre. How Does Chlorine in Water Affect my Health ? Diunduh dari : http://www.ghchealth.com/chlorine.html
2. New York State Departement of Health. The Facts About Chlorine General Information
3. Saifudin AB dkk (Editor). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo bekerja sama dengan Jaringan Nasional Pelatihan Klinik Kesehatan Reproduksi - POGI. Jakarta, 2002
4. Indrawati dan Sidharta A. Keg
unaan Bahan Kimia dalam Kehidupan untuk Guru SMP. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program "BERMUTU". Jakarta, 2009




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Klorin, Zat Pemutih Pembalut"

Posting Komentar