Banner 3

Banner 3

Pembalut Kain :

1. Nyaman
2. Aman
3. Hemat
4. Ramah Lingkungan

Cara Sederhana Menghindari Diabetes

Diabetes Mellitus atau biasa dikenal dengan sakit gula, saat ini banyak diderita masyarakat Indonesia dan jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Data riset kesehatan dasar (riskesdas) menunjukkan prevalensi diabetes di Indonesia meningkat dari 5,7% pada 2007 hingga 6,9% pada 2013. Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moelek pada workshop edukasi diabetes di Jakarta 12 Agustus 2016 mengatakan, ada sekitar  9,1 juta penderita diabetes di Indonesia.

Diabetes dapat menyebabkan sejumlah kondisi yang fatal, antara lain masalah dalam penglihatan, penyakit jantung, dan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Lain kali kita akan bahas hal ini ya.

Dan sayangnya, orang yang sudah terkena penyakit ini tidak akan pernah sembuh. Sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan mengenali hal apa saja yang menjadi faktor pemicu dan penyebabnya sehingga kita bisa menghindarinya. yaitu :

1. Jaga berat badan agar tetap dalam kondisi ideal, normal, atau di bawah normal. Maka lakukanlah olahraga secara rutin yang akan membantu membakar kalori dan membuat kita tetap sehat. Hindari makan porsi besar/berlebihan, dan upayakan minum segelas air setengah jam sebelum makan.

2. Mengupayakan tubuh tetap terhidrasi, cukup asupan air. Sangat penting untuk tetap terdehidrasi dengan air ketimbang mendahulukan asupan makanan. Hidrasi atau kecukupan air juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran dan kinerja seseorang, lho.

3. Perbanyak makan sayuran. Sayuran akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk terus makan atau ngemil. Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, kubis, sawi dan selada, juga mampu mengontrol adar gula dlamdarah dan menurunkan resiko terkena diabetes type 2.

4. Menghindari makan sambil menonton TV. Karena hal ini dapat membuat waktu makan anda lebih lama dan porsi yang dihabiskan juga akan lebih banyak. Membatasi asupan makanan dapat membantu  menjaga gula darah tetap aman serta mengurangi jumlah kalori yang anda konsumsi.

5. Menambahkan kayu manis ke dalam makanan, bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dari hasil penelitian, kayu manis dapat meningkatkan metabolisme glukosa, namun ia hanya dapat menurunkan gula dalam darah, bukan menyembuhkan penyakit gula anda.

6. Hindarilah stres, karena stres salah satu pemicu penyakit-penyakit degeneratif diantaranya diabetes ini. Orang yang stres, biasanya akan mengalami penumpukan lemak di perut, sering sakit, tekanan darah tinggi, dan terjadi peningkatan kadar glukosa yang bisa memicu resistensi insulin.

7. Istirahat yang cukup. Orang yang tidurnya tidak teratur sangat rentan menderita diabetes. Para peneliti telah menunjukkan bahwa kurang tidur akan mengganggu metabolisme glukossa, proses dimana tubuh mengatur gula darah dan memproses gula menjadi energi. Gangguan ini mencakup penurunan sensitivitas insulin dan toleransi terhadap glukosa. Dua hal ini memiliki kontribusi menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang tidak sehat dan memicu diabetes.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sederhana Menghindari Diabetes"

Posting Komentar